>

Menghadapi Test ? Kenapa Harus Wayangan ?


Akhir - akhir ini para pelajar, khususnya kelas 1 dan 2 SMP atau SMA sedang menjalani test kenaikan kelas. Banyak sekali keluhan yang muncul saat test tiba. Ada yang takut pengawasnya galak, takut pelajarannya sulit, ada pula yang kebingungan membuat contekan. Semua tampak begitu wajar di hadapan pelajar, padahal sikap seperti ini yang semestinya kita hindari.

Rasa takut eperti yang tsdi disebutkan sebenarnya berasal dari satu sumber yang sampai saat ini sulit didapati obatnya, "Malas". Sebenarnya yang menjadi obat adalah keyakinan dan niat dalam hati, namun hal ini kerap kali dipengaruhi oleh keadaan lingkungan, pengaruh teman, dan yang paling dominan sendiri adalah alat komunikasi seluler seperti handphone. Seharusnya hal - hal tadi itu perlu, tetapi juga perlu diimbangi dengan belajar yang menjadi kewajiban utama itu sendiri.

Mungkin, ada beberapa cara agar dapat belajar optimal. Kerap sekali kita belajar wayangan jika menghadapi test, padahal sebenarnya itu tidak perlu. Belajar semalam suntuk justru hanya menambah beban pikiran. Belajar itu akan lebih optimal jika dilakukan sehari - hari. Misalnya saja setengah jam setiap hari. Kegiatan ini harus dipersiapkan jauh - jauh hari, bertahap. Nah, mulai sekarang, saatnya merubah sikap dan memantapkan niat untuk belajar rutin. Ingat ! kita sekolah bukan hanya untuk mendapat nilai, tetapi mendapat ilmu.



By : Pierrey

0 komentar:

 
x-tenche - eXpreesion of Ten Che SMAN1C