>

Toxoplasma


Orang tua jaman dahulu sudah menjadi tradisi bahwa wanita agar jangan dekat² dengan kucing. Mereka bilang "Ora Ilok". Mengapa demikian? Di kesempatan ini saya akan sedikit mengulas tentang Toxoplasma.

Parasit yang bernama Toxoplasma gondii dan menimbulkan penyakit yang diberi nama Toxoplasmosis. Pada dasarnya penyakit ini tidak hanya menyerang wanita saja, namun bisa juga pada pria. Parasit ini biasanya menggunakan Media Kucing dalam penularannya dan biasanya menyebar di daerah hangat dan jarang dijumpai di daerah dingin dan pegunungan.Parasit ini juga dapat masuk jika Anda mengkonsumsi daging hewan yang telah terkontaminasi dan tidak dimasak secara matang. Bentuk kista dari parasit ini dapat masuk bersama daging hewan tadi.secara tidak sengaja menelan tinja kucing yang di dalamnya terdapat telur toxoplasma. Cara ini banyak tidak Anda sadari, misalnya menyetuh mulut dengan tangan yang telah terkontaminasi seperti sehabis berkebun, membersihkan tempat makan kucing atau barang-barang lain yang sudah terkontaminasi. Ketiga, cara masuk yang lain mungkin lewat air yang telah terkontaminasi. Dan yang jarang, jika Anda menerima transpantasi organ atau transfusi darah dari donor yang telah terkontaminasi.

Parasit ini dapat menyebabkan kemandulan pada wanita dan dapat menyebabkan gangguan pula pada ibu hamil.Cara pencegahannya bisa dengan cara :
* Hindari mengkonsumsi daging mentah atau setengah matang, serta buah dan sayuran yang belum dicuci.

* Hindari mengosok mata atau menyentuh muka ketika sedang menyiapkan makanan.

* Cuci alas memotong, piring, serta alat memasak lainnya dengan air panas dan berbusa setelah kontak dengan daging mentah.

* Masak air sampai mendidih serta hindari meminum susu yang belum di pasteurisasi.

* Sedapat mungkin kendalikan serangga-serangga yang dapat menyebarkan kotoran kucing seperti, lalat dan kecoa.

* Jika Anda memiliki hewan peliharaan kucing, jangan biarkan Anda berkeliaran di luar rumah yang memperbesar kemungkinan kontak dengan toxoplasma.

* Mintalah anggota keluarga lain untuk membantu Anda membersihkan kucing Anda termasuk memandikannya, mencuci kandang, tempat makannya.

* Beri makan kucing Anda dengan makananan yang sudah dimasak dengan baik.

* Lakukan pemeriksaan berkala terhadap kesehatan kucing Anda.

* Gunakan sarung tangan plastik ketika Anda harus membersihkan kotoran kucing, sebaiknya dihindari.

* Cuci tangan sebelum makan dan setelah berkontak dengan daging mentah, tanah atau kucing.

* Gunakan sarung tangan plastik jika Anda berkebun terutama jika terdapat luka pada tangan Anda.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Berarti mitosnya bener yah??

 
x-tenche - eXpreesion of Ten Che SMAN1C