>

Antara Jaket dan Keorganisasian


Sekarang, dapat kita jumpai banyak organisasi. Baik itu di sekolah, ataupun di dalam sebuah club otomotif. Tentu saja saya sangat menghargai sebuah club ataupun organisasi. Karena memang organisasi sendiri melatih jiwa kepemimpinan kita agar kita senantiasa tidak memikirkan diri sendiri. Di sini kita begitu dituntut untuk menjalin solidaritas yang begitu erat.

Mereka mulai berkembang dan mengelompok. Lirik saja salah satu organisasi di dalam sekolah. Banyak dari anggota yang begitu berharap, dan atau mendewakan jaket, pin, seragam, atau simbol sebuah organisasi yang lain. Memang jaket sendiri adalah simbol dari sebuah organisasi. Tetapi tidak mutlak. Yang menjadi mutlak adalah ketika apa yang kita perbuat dalam organisasi tersebut. Di sisi lain jaket sendiri mengandung tanggung jawab yang sangat besar bagi siapapun yang mengenakannya. Karena pada dasarnya jaket memang merupakan simbol.

Beberapa dari sekian banyak organisasi yang memang menggelar ospek untuk sengaja sebagai ritual penyerahan jaket. Mungkin hal ini memang ditujukan untuk menekankan pada mereka arti sebuah keanggotaan. Tapi menurut saya, Jaket atau simbol lain bukanlah segalanya, namun kinerja dan pengaruh kita lah yang menentukan jati diri kita.



By : Pierrey

0 komentar:

 
x-tenche - eXpreesion of Ten Che SMAN1C